Bertempat di Auditorium Skill Lab UMY Lt. 4 Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Yogyakarta, Majelis Tarjih & Tajdid PP Muhammadiyah menggelar acara Seminar Sehari tentang Hukum Stem Cell. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk respon dari Muhammadiyah terhadap perkembangan dunia medis. Acara yang diadakan pada hari Sabtu, 24 September 2016 ini terselenggara atas kerjasama dari Majelis Tarjih & Tajdid PP Muhammadiyah dan Pusat Studi Kedokteran Islam (PSKI) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Berawal dari permintaan salah satu yayasan di Indonesia melalui pertanyaan tentang hukum metode pengobatan stem cell, MTT PP Muhammadiyah berniat untuk mengumpulkan bahan-bahan guna memperkaya referensi sebelum diputuskannya fatwa terkait metode pengobatan tersebut. Kemudian dari hasil rapat pimpinan dan divisi MTT PP Muhammadiyah maka disepakati untuk menggelar acara seminar ini dengan tujuan; Pertama, mengkaji persoalan stem cell dari perspektif sains/medis dan perspektif fikih/etika medis. Kedua, memperoleh bahan-bahan tentang stem cell untuk menyusun fatwa tentang hukum stem cell.

Seminar dihadiri kurang lebih 80 peserta dari berbagai institusi seperti Perwakilan RS PKU Muhammadiyah, Fakultas Kedokteran beberapa universitas, Majelis Tarjih & Tajdid dari Tingkat Daerah hingga Wilayah, dll. Acara ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama membahas tentang Stem Cell Perspektif Sains/Medis dengan narasumber dr. Gunadi, Ph.D. Sp.BA. dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta dan dr. Agus Widyatmoko, Sp.PD. dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan dimoderatori oleh dr. Iman Permana, M.Kes. Ph.D. dari PSKI UMY. Pada sesi yang kedua membahas mengenai Stem Cell Perspektif Fikih dan Etika Medis dengan narasumber Wawan Gunawan Abdul Wahid, Lc. M.Ag. dari MTT PP Muhammadiyah dan Dr. Arifah Khusnuryani, M.Si. dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (mantan ketua PCNA Wirobrajan, Kota Yogyakarta) dengan dimoderatori oleh Ruslan Fariadi, S.Ag., M.S.I dari MTT PP Muhammadiyah. Acara berlangsung mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Bagi jamaah yang menginginkan soft file presentasi dan makalah dari para narasumber Seminar Sehari tentang Hukum Stem Cell dapat mengunduhnya dengan mengklik link di bawah ini:

Stem Cell dalam Perspektif Etika Medis oleh Dr. Arifah Khusnuryani, M.Si.

Berobat dengan Stem Cell dalam Perspektif Hukum Islam oleh Wawan Gunawan Abdul Wahid, Lc. M.Ag.

Slide Presentasi: “Introduction to Stem Cells” oleh dr. Gunadi, Ph.D. Sp.BA.

Slide Presentasi: Stem Cell Perspektif Etika Medis oleh Dr. Arifah Khusnuryani, M.Si.

Slide Presentasi: “Stem Cells Therapy” oleh dr. Agus Widyatmoko, Sp.PD.