100_1171

Interaksi sosial manusia di masyarakat, baik itu antar individu, antara individu dengan kelompok atau antar kelompok, tidak dapat dilepaskan dari fenomena kejiwaan. Reaksi emosional, sikap, kemauan, perhatian, motivasi, harga diri dan sebangsanya sebagai fenomena kejiwaan yang tercermin pada perilaku orang perorang serta kelompok, merupakan fenomena yang melekat pada kehidupan berbudaya dan bermasyarakat. Perilaku kejiwaan manusia dalam konteks sosial ini, merupakan objek kajian psikologi sosial.

Kondisi emosional selalu menyertai proses yang kita sebut interaksi sosial. Selanjutnya, dorongan untuk berinteraksi sosial itu juga tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi proses kejiwaan saja, melainkan dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan (Krech, Crutfield, Baltachey (1982: 478-483). Lingkungan-lingkungan itu sangat berpengaruh terhadap kebanggaan, harga diri, sikap mental, dorongan berprestasi, etos kerja, semangat hidup, kesadaran seseorang ataupun kelompok dalam kehidupan sehari-hari. Betapa bermaknanya keluarga sebagai lingkungan sosial terhadap dorongan berprestasi seorang anggotanya.  Demikian pula peranan lingkungan sosial lainnya, seperti teman sepermainan, teman  sejawat dalam pekerjaan atas dorongan kepada seseorang untuk tetap hidup bersemangat, berprestasi, dan akhirnya mencapai keberhasilan.

Mengapa Basic Mental Support penting bagi Co-as Kedokteran UMY ?

  1. Pendidikan Kedokteran memiliki relatif banyak Stressor.
  2. Mereka ditutut memiliki ketahanan mental yang lebih karena setiap hari harus melayani pasien
  3. Masa pendidikan yang penjang dan harus menyesuaikan diri dengan teman, rekan kerja dan dosen pembimbing dengan berbagai karakter.

Hal itulah yang dikatakan oleh  dr. Ida Rochmawati, MSc., Sp.KJ dalam Workshop Padepokan Insan Mulia Bagi para Pembimbing Padepokan di RS. Workshop tersebut diselenggarakan Rutin 1 th sekali oleh Pusat Studi Kedokteran Islam (PSKI) FKIK UMY sebagai Wadah untuk Evaluasi , pembuatan Program kerja kegiatan padepokan Insan Mulia di masing-masing RS sesuai dengan visi FKIK UMY untuk mencetak Dokter yang Islami.

File ppt dpt di Download di Sini